Posted by: Qie | January 30, 2011

Pengalaman Pertama, Relawan ke Merapi..

Nampaknya saya mulai lagi menyakiti perkataan2 sebelumnya bahwa ingin mulai aktif menulis kembali XP, dilihat dari folder terakhir sy posting adalah tgl 1 januari dan sudah hampir tak posting sampai 1 bulan @.@..

Okeh, disini sedikit berbagi pengalaman mengenai pengalaman pertama saya menjadi relawan, seperti kita perhatikan di berita beberapa bulan ini sedang terjadi satu rangkaian panjang bencana alam di sekitar gunung merapi, mulai dari awalnya gempa bumi, erupsi, dan ditutup dengan banjir lahar dingin.. Tentu saja saya belum se expert rekan2 dari SAR yg dengan yakinnya menghampiri MERAPI ketika sedang erupsi untuk menyelamatkan warga2 disana, dan juga memang waktu itu pun ksibukan akan menjadi alasan yg siap dipakai =), nah berlanjut setelah erupsi ada yg namanya banjir lahar dingin, banjir yg saya kira merupakan lahar dari gunung berapi berupa air yg seperti banjir biasa, namun ternyata banjir ini membawa material2 yg keluar dari gunung merapi ketika dia bersin kemaren, sehingga isinya penuh dengan batu2 besar, dan berton2 pasir..

Melihat realita yg ada saya menerima ajakan dari rakan2 relawan teknik UI untuk kesana membantu warga2 yg terkena dampak banjir, berhubung sudah lama ingin ikut acara “beginian” dan memang sedang liburan akhirnya saya memutuskan ikut ke magelang dan berangkat kesana bersama rekan2 teknik berjumlah 13 orang. Ada Janit, fatchur, faisal, farah (yg ini kakanya faisal), aga, afdol, riza, agus, ika, gina dan aya.. kita naik kereta kutojaya hingga kutoarjo lalu melanjutkan dengan kereta parameks hingg jogja dan dari situ menuju lokasi dengan pick up dijemput oleh temannya riza disana, adit dan reza. Oh ya maaf kelupaan ada Maya juga dari rombongan relawan teknik.

Reza dan Adit membaw kita ke posko JALIN MERAPI tegalsari yg ternyata letaknya cukup jauh dari daerah yg terkena dampak bencana, letaknya mendekati gunung berapi dan cukup tinggi. Disana ada koordinator relawan yg bernama Mas Bayu bersama rekan2nya mas garenk, mas bim2, pangeran ucok, dll yg ternyata seperti seblumnya diceritakan adit dan reza diperjalanan orangnya asik2. Akhirnya selama seminggu disana kami bertumpuk2 di posko tersebut. Selain relawan dari sana ada jga Ade dr teknik UI yg sebelumnya menjadi tim advance dan juga ada 2 dokter dari mersi (gw gtw nulisnya gmn =D) yaitu Mba Mia ( yg ini agak gokil) dan mas Dwi (yg mirip rio febrian)

Diawal kami kira akan banyak pekerjaan “kuli” yg akan dilakukan, tapi karena penempatan kami di posko yg jauh dari daerah dampak bencana dan armada disana kurang memadai dan memang fokusan posko disini adalah rehabilitasi dampak dari merapi dan penyampaian informasi daerah bencana ke donatur, kerjaan kami adalah survey2 ke puskesmas2, posyandu2, PKD, dan jga pemberian pengobatan gratis untuk warga di daerah pengungsian, dan juga aktifitas baru yg saya dapat, wisben (wisata bencana) hehe. Dgn wisben sedikit banyak saya belajar mengenai besarnya kekuatan alam yg menunjukan besarnya kekuatan Tuhan yg akhirnya mengingatkan kit bahwa kematian sangatlah dekat dan manusia hanyalah hal kecil. Sempat gw dan mas garenk dkk menyaksikan banjir lahar dingin pasca hujan di salah satu sungai daerah tersebut dan melihat bagaimana kekuatan banjir lahar dingin itu dapat menghanyutkan batu2 besar yg saya sendiri yakin tak bisa mengangkatnya dan itu sungguh kekuatan alam yg luar bisa, dan terlihat juga jembatan yg sampai rubuh karena banjir lahar dingin ini, sempet kepikiran gmn ya klo Gunung Salak dibogor tiba2 “bangun”, naudzubillah..

Dimalam terakhir saya disana, kami para relawan diundang ke rumah salah satu anggota kompag merapi untuk acara saparan, yaitu acara rutin didesa itu setiap bulan safar yg berupa makan2, disana kami dihidangkan sangat2 bnyk makanan sehingga ada yg bilang itu perbaikan gizi realwan XP

Yah secara umum perjalnan ini berbeda dengan perkiraan diawal, namun tetap menyenangkan dan hikmah dan ilmu pastilah bergelimang dimana2 untuk jadi pelajaran bagi manusia, dan sedikit untuk seluruh relawan di Indonesia sy dedikasikan tulisan dibawah ini, sekian..

Ia adalah sosial

Malam ini angin masih terbatuk untuk sedikit membuatnya meringkuk..
Dan ketika pagi akan habis pun kaki nya tetap siap tuk berlumpur..
Apalah arti sebuah jerit kesakitan..
Jika untuk menghilangkan penderitaan banyak saudara..
,
Tak perlu kutuliskan lagi pada tiap kerikil yang kujejak..
Atau kau yang ingin bercerita pada kapuk yang terjatuh ringan??
kurasa semua tau kita adalah manusia..
mahluk sosial yang ada konsep peduli didalamnya..
dan itulah yang ia banggakan..
Ia kenakan sebagai pakaiannya..
Alas tidurnya..
Nafas untuk langkahnya..
Tongkat untuk berdirinya..
,
Apakah alam mau menangis atau menertawakannya??
justru saat itulah dia akan lebih siaga..
Selalu sedia untuk menolong..
Selalu rela untuk membantu..
Walau peluh keikhlasan sering tak manis rasanya..
Tapi ia terjalin menjadi manusia seutuhnya..
karena ia adalah sosial..
Advertisements

Responses

  1. like this,
    keep posting, boy! 😀

    *gw juga lebih nyaman jadi ‘pembaca’ akhir2 ini 😀

  2. bru bca d prgraf prtma aj udh bkin hti kesel,, bisa2 nya dah nama tmn sndiri dlupain aplgi srng ktmu dah,, qie2 trnyata drimu pikuuuun, ;o.. Next time aws aj ampe lupa lgi, tulis d awal maya.. Oke sobat..
    Wah trnyata tmn2 bph bem bnyk yg suka nulis ya salut bwt klian tmn2 sdh dbrikan kmdahan untk mnulis tlisan tntng pnglaman hdup aplgi klo dshare jd bhn refleksi bwa maya khususnya..
    Pkoknya the best lah tmn2 trbaik ku ini: qie n riyadi 🙂

    • Maya bikin blog juga lah.. =)

  3. bru bca d prgraf prtma aj udh bkin hti kesel,, bisa2 nya dah nama tmn sndiri dlupain aplgi srng ktmu dah,, qie2 trnyata drimu pikuuuun, ;o.. Next time aws aj ampe lupa lgi, tulis d awal maya.. Oke sobat..
    Wah trnyata tmn2 bph bem bnyk yg suka nulis ya salut bwt klian tmn2 sdh dbrikan kmdahan oleh allah swt untk mnulis tlisan tntng pnglaman hdup aplgi klo dshare jd bhn refleksi bwa maya khususnya..
    Pkoknya the best lah tmn2 trbaik ku ini: qie n riyadi 🙂

    • commentnya gak usah double2 may -_-!

  4. afwan qie cz error jd double dah commentnya, tp jd bgs jg penuh2in comment,, haha
    aduh gmn ya qie, maya ad ketakutan bwt nulis ='(, tp klo di ajarin sma orng yg jam terbnganya lebih tnggi, boleh nih =]

  5. pasti jadi kenangan tak terlupakan…

  6. dari dulu pgn jadi relawan. waktu itu sempet ada tawaran gitu, tp ternyata yg dibutuhin cuma 5 orang aja, jadi deh saya ga lolos seleksi 😦 *curcol :p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: